Pesta Zamenhof 2018

Pada tanggal 15 Desember 2018, kami menggelar Pesta Zamenhof di Taman Tebet, Jakarta. Kami memilih lokasi ini atas pertimbangan dapat menikmati alam serta di saat bersamaan membuka kegiatan di publik. Kali ini hanya sedikit peserta yang hadir. Dua orang memulai dengan membacakan puisi-puisi dari Zamenhof, salah satunya yang berjudul “Ho, Mia Kor'” (Oh, Hatiku). Selanjutnya, kami menyanyikan dua lagu yaitu “Dankon Zamenhof” (Terima Kasih Zamenhof) dan “Esperanto Por Ni” (Esperanto Untuk Kita). Di bagian terakhir, kami menyantap kue Esperanto dan berbincang tentang pengalaman dan gerakan bahasa Esperanto.

Kami juga menggunakan kesempatan ini untuk memperkenalkan bahasa Esperanto kepada orang-orang yang berkumpul di taman itu. Sebagian besar dari mereka adalah muda-mudi yang melakukan berbagai aktivitas seperti berolahraga, bermain atau hanya sekadar ngobrol. Kami menengok sekelompok pemuda yang tampaknya sedang membicarakan sesuatu. Kami menemui dan menyapa mereka dan disambut dengan baik. Mereka adalah pelajar-pelajar dari SMK Karya Teladan. Kami pun segera memperkenalkan kegiatan kami dan bertanya apabila ada dari mereka pernah mendengar tentang bahasa Esperanto. Beberapa dari mereka menjawab bahwa bahasa tersebut adalah bahasa Spanyol, Meksiko, atau Portugis. Jelas mereka tidak mengetahui apa-apa tentang Esperanto.

Kami terus melanjutkan perkenalan Esperanto dengan informasi umum dan mengajak mereka untuk mengunjungi situs web Asosiasi Esperanto Indonesia dan mengikuti halaman media sosial kami. Kami juga membagikan kue Esperanto dan cinderamata kepada beberapa yang berani bertanya dan menjawab, di samping itu kami terus melakukan perkenalan kepada orang-orang. Pada sore hari, kegiatan kami berakhir dengan bahagia, karena kami telah berhasil merayakan dan menyebarkan bahasa Esperanto.

Diterjemahkan oleh Victor Max

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.