Ayo Segera Ikut Trilanda Kongreso de Esperanto

Saluton amikoj!

Pada tahun 2018 ini di Kota Bekasi akan diselenggarakan sebuah acara besar yang sangat menarik untuk diikuti. Acara tersebut bertajuk…

Trilanda Kongreso de Esperanto atau Kongres Esperanto tiga negara (Indonesia, Australia serta Selandia Baru)

Kongres ini akan berlangsung pada:
Tanggal: 28 Maret – 2 April 2018
Tempat: Hotel Horizon Bekasi
Tema: Esperanto, jembatan untuk memahami keberagaman bahasa dan budaya dunia

Rangkaian acara yang akan berlangsung selama kongres di antaranya:

  • Kursus bahasa Esperanto
  • Seminar
  • Malam seni
  • Bazar buku, dll

Kamu tidak harus fasih berbahasa Esperanto, karena dalam acara ini pun kamu bisa mendapatkan kesempatan belajar bahasa Esperanto.

Selain menambah kekayaan bahasa, kamu juga bisa menambah pengalaman dan wawasan bersama Esperantis dari berbagai negara. Ga akan nyesel, ga akan rugi ikut kongres ini.

Yuk mari segera daftar!

Pendaftaran dapat dilakukan di:
http://www.esperanto.or.id/id/kongres2018/

Pertanyaan mengenai kongres, silakan hubungi:
Riana +628569964408

Atau kunjungi
IG : @trilanda_kongreso
Twitter : @trilandakongres

Dankon 😊

Pendaftaran Kongres Esperanto Tiga Negara 2018

2a 3landa kongreso

Setelah sukses dengan kongres Esperanto Tiga Negara pertama di Bandung tahun 2016, kini Asosiasi Esperanto Indonesia bekerjasama dengan komunitas bahasa Faktabahasa Bekasi untuk menyelenggarakan Kongres Esperanto Tiga Negara kedua tahun 2018 di kota Bekasi, Jawa Barat. Kongres ini akan menjadi wadah pertemuan bagi esperantis luar negeri dengan esperantis di Indonesia. Kegiatan akan diisi dengan berbagai acara. Kongres terbuka luas bagi siapa saja, termasuk yang baru mengenal Esperanto atau ingin mempelajarinya lebih lanjut. Hal ini dimungkinkan karena sepanjang kongres akan ada program bagi pemula yaitu kursus dasar bahasa Esperanto, latihan percakapan dan banyak lagi. Yang pasti bakal seru!

Mau lihat-lihat keseruan pada kegiatan Esperanto Tiga Negara pertama di Bandung tahun 2016? Klik di sini
Mau mendapatkan brosur elektronisnya? Klik di sini

Untuk pendaftaran kongres, silakan [daftar di sini…]

Peringatan ke 100 Wafatnya Zamenhof

Mau tahu lebih banyak? Kunjungi http://zamenhof.life/id/

Dasar bahasa internasional Esperanto, yang saat ini juga menjadi bahasa ibu bagi ribuan orang di banyak negara, diciptakan oleh Ludwik Zamenhof. Pada 14 April sudah 100 tahun dia meninggalkan kita. UNESCO menyadarinya sebagai salah satu tokoh penting dalam sejarah manusia dan menempatkan haul keseratusnya pada daftar tanggal-tanggal penting periode 2016/2017. Zamenhof lahir di Bjalistok, kota poliglot, saat ini termasuk wilayah Polandia timur laut. Ia bertahan hidup melewati konflik antara Yahudi, Rusia, Polandia dan Jerman. Sebagai pelajar, ia memutuskan untuk membuat sebuah bahasa yang umum dan dapat dipelajari dengan cepat, sehingga orang-orang bisa menyudahi konflik dengan komunikasi dan tanpa paksaan. Versi pertama diterbitkan tahun 1878, saat ulang tahunnya yang ke-19, dengan beberapa teman sekelasnya. – bahkan di kidung jemaat dalam bahasa baru.

Mau tahu lebih banyak? Kunjungi http://zamenhof.life/id/

Pendaftaran Lomba Hari Zamenhof 2016

Dalam rangka menyemarakkan kegiatan Bulan Esperanto 2016 yang jatuh pada Desember ini, Asosiasi Esperanto Indonesia (AEI) mengadakan lomba Fotografi dan Puisi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Yuk ikuti lombanya!

Pendaftaran lomba dilakukan di: http://bit.ly/lombaZT2016 sampai dengan 16 Desember 2016 pukul 23.00.

Lomba Puisi

Ketentuan

  1. Puisi yang dilombakan adalah (pilih salah satu):  A) Ho, mia kor’.  B) A la Esperantisto. C) Preĝo sub la verda standardo, D) Pluvo, E) La vojo.
  2. Puisi dapat dilihat di website: esperanto.mv.ru/kolekto
  3. Rekaman pembacaan puisi dikirim ke email: iea@esperanto.or.id dengan subjek email PUISI_[Nama Lengkapmu]_ZT2016
  4. Video pembacaan puisi yang berhasil menjadi pemenang, akan menjadi hak milik Asosiasi Esperanto Indonesia dan Asosiasi Esperanto Indonesia berhak menggunakan dan menyunting video tersebut sebagai materi publikasi sampai jangka waktu yang tidak ditentukan.
  5. Pengiriman video dapat dilakukan pada 10 Desember 2016 ― 15 Desember 2016

Lomba Foto

Ketentuan:

  1. Perlombaan dimulai pada tanggal 10 Desember 2016 ― 15 Desember 2016 dengan cara memposting DUA foto yang dilombakan di Instagram masing-masing dengancaption lengkap berbahasa Indonesia dan Esperanto (Untuk caption berbahasa Esperanto, dapat berupa frasa singkat atau kalimat penuh).
  2. Foto harus menggambarkan kecintaan pada Esperanto. Original, bukan editan. (CONTOH: mengenakan kaus Esperanto, memegang buku Esperanto atau bendera Esperanto, dsb).
  3. Foto haruslah hasil karya orisinal peserta sendiri dan tidak pernah diikutsertakan dalam lomba di kontes lain.
  4. Foto yang dilombakan WAJIB diberikan tagar #Esperanto #ZamenhofaTago dan WAJIB mention akun instagram @EsperantoIndonesia.
  5. Penyuntingan foto hanya boleh sebatascroppingserta penyempurnaan warna dan cahaya.
  6. Pengumuman pemenang dilakukan pada tanggal 21 Desember 2016 melalui website Asosiasi Esperanto Indonesia, OA Line Esperanto Indonesia, Instagram Esperanto Indonesia, dan Twitter Esperanto Indonesia.
  7. Foto yang berhasil menjadi pemenang, akan menjadi hak milik Asosiasi Esperanto Indonesia dan Asosiasi Esperanto Indonesia berhak menggunakan dan menyunting foto tersebut sebagai materi publikasi sampai jangka waktu yang tidak ditentukan.
  8. Pengiriman hadiah kepada para pemenang dilakukan tanggal 26 Desember ― 2 Januari 2017

HADIAH

Bagi para pemenang lomba, masing-masing ada hadiah berupa:

Hadiah Juara 1: Keanggotaan UEA dan IEA tahun 2017 dan kaus Esperanto.

Hadiah Juara 2: Buku Rekta Metodo + Souvenir Esperanto

Hadiah Juara 3: Buku Kunci + Souvenir Esperanto

Pertanyaan terkait lomba ditujukan kepada: iea@esperanto.or.id.

Pendaftaran Kepanitiaan Trilanda Kongreso

Saluton al vi ĉiuj! (Halo Semua!)

Kongres Esperanto Tiga Negara (Trilanda Kongreso de Esperanto) akan digelar pada tahun 2018 di Indonesia. Delegasi dari Indonesia, Australia, dan Selandia Baru—serta dari belasan negara lain—akan ikut serta dalam acara ini. Oleh sebab itu, dibutuhkan kepanitiaan agar segalanya dapat terlaksana dengan baik.

Kepanitiaan ini akan memperluas pergaulanmu karena kamu tidak hanya berkoordinasi dengan rekan sesama panitia, tetapi juga dengan Esperantis-Esperantis internasional. Di saat yang sama, kamu juga dapat melatih kemampuan bahasa Esperantomu. Bagi kamu yang belum bisa bahasa Esperanto, tidak usah khawatir! Kita akan sama-sama belajar di sini.

Peryaratan Kepanitiaan
— Berdomisili di Jabodetabek.
— Berusia 15-25 tahun per Oktober 2016.
— Mampu bekerja sama dalam tim.

Daftarkan dirimu disini.

Aliĝilo al Faktabahasa Surabaja

 

gPzm9QeC

Saluton al vi ĉiuj!

Kiel vi fartas?

Saat ini, Komunitas Faktabahasa Surabaya telah aktif kembali dan tengah membuka pendaftaran anggota. Melalui komunitas ini, kamu bisa belajar bahasa Esperanto* bersama para Esperantis lain di kota ini lho!

Bila kamu berdomisili di Surabaya dan ingin memperdalam kemampuan bahasa Esperantomu, atau bahkan ikut berkecimpung dalam gerakan Esperanto di Kota Surabaya, ini adalah kesempatan yang bagus untukmu. Yuk segera daftarkan dirimu di sini.

Pendaftaran dibuka sampai tanggal 21 Agustus 2016. Ajak pula kawan-kawanmu untuk ikut mem-bintanghijau-kan kota Surabaya ya.

*Tidak hanya bahasa Esperanto, bahasa asing lain juga dapat kamu pelajari di Komunitas Faktabahasa